Kamis, 31 Desember 2009

Tahun Baruan...




Tahun 2010 disambut di berbagai belahan dunia dengan gegap gempita. Para pemimpin di seluruh dunia pun mengharapkan masa depan yang lebih baik dibanding tahun lalu.

Dikutip dari situs BBC, di Paris Perancis, Menara Eiffel diterangi oleh berbagai cahaya lampu dan display mutiwarna, sehingga dijuluki sebagai pohon natal raksasa.

Sementara di London, pertunjukan kembang api dipusatkan di London Eye, di tepian Sungai Thames, dan bisa dinikmati di setiap sudut kota London.

Di Vatikan, Paus Benediktus XVI sepertinya tidak begitu terpengaruh dengan peristiwa penyerangan saat natal, dan memimpin misa akhir tahun di Basilika St Peter.

Di Tokyo Jepang, pergantian tahun diwarnai dengan bunyi lonceng yang berdentuman di biara-biara di seantero kota. Warga Beijing berkumpul di pusat perbelajaan untuk merayakan tahun baru.

Sekitar setengah juta orang memadati pelabuhan di Hong Kong, menyaksikan kembang api yang digelar dari atas atap gedung pencakar langit.

Kendati diwarnai dengan turunnya salju dan temperatur yang hanya 10 derajat celcius, pesta tahun baru di Rusia juga dirayakan dengan pesta kembang api, dan dimeriahkan sekitar 120 ribu tentara di Lapangan Merah, mendengarkan pidato Presiden Dmitry Medvedev.

"Tahun lalu bukanlah tahun yang mudah untuk semua orang. Dan saya ingin berterimakasih kepada semuanya yang selama ini saling membantu satu sama lain," kata Medvedev.

Di Amerika Serikat, tahun baru juga diperkirakan bakal dirayakan oleh sejuta orang di Time Square New York. Keamanan di sekitar lokasi diperketat, orang-orang yang hendak menikmati pesta tahun baru tidak diperbolehkan membawa tas atau ransel ukuran besar.

"Kami mengasumsikan New York akan menjadi target utama teroris di Amerika Serikat," ujar Kepala Polisi New York, Raymond W Kelly kepada BBC.

Sementara di Indonesia, pesta pergantian tahun berlangsung aman dan damai, kendati sebelumnya kedutaan besar Amerika Serikat untuk Indonesia, sempat mengeluarkan pengumuman adanya resiko serangan teror di Bali.

Ribuan turis dan warga Denpasar merayakan tahun baru di Pantai Kuta, menyaksikan kembang api yang menyala dengan indah, disertai tiupan terompet memekakkan telinga yang tak henti-henti berbunyi.

Suasana perayaan di lapangan Puputan Badung, Lapangan Renon, dan sejumlah kawasan wisata lainnya di sekitar Denpasar dan Badung, juga berlangsung dengan aman dan meriah.



disadur dari vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar